Saturday, January 26, 2008

The Kingdom

Directed by : Peter Berg
Starring by :
Jamie Foxx
Chris Cooper
Jennifer Garner

Rating : 5 (skala 1-5)

Singkat, padat, dan lugas. Sebuah film action yang tidak rumit, cukup mendebarkan dan penuh dengan adegan khas action seperti pengejaran dengan mobil dan tembak menembak dalam jarak dekat. Sekali lagi Jamie Foxx terlihat cerdas sekaligus piawai memainkan senjata. Sayangnya Jennifer Garner tidak terlalu menonjol padahal di "Elektra" dia cukup bagus memainkan perannya.

Film ini menceritakan sebuah tim penyelidik dari FBI yang pergi ke Saudi Arabia untuk menyelidiki sebuah insiden penyerangan warga sipil di sebuah perumahan perusahaan minyak milik Amerika. Insiden ini memakan banyak korban jiwa termasuk agen FBI yang ditugaskan di sana. Celakanya, polisi Saudi diduga terlibat karena penyerang menyamar dalam seragam kepolisian.
Tim yang diketuai Ronald Fleury (Foxx) sebenarnya tidak direstui secara penuh oleh pemerintah Amerika. Tetapi berkat kepiawaiannya "bernegosiasi", mereka mendapat izin selama beberapa hari untuk menyelidiki peristiwa itu langsung di tempat kejadian. Dengan dibantu kepala kepolisian setempat dan dalam jangka waktu yang sedikit tersebut mereka dapat menghabisi pemimpin penyerangan yang memang telah menjadi target pemerintah Amerika sejak lama.

Tag yang diusung film ini: Under fire, under pressure, out of time sangat pas dengan adegan keseluruhan. Walau tidak seheboh "Die Hard" atau "Speed", film ini sangat mengasyikkan untuk ditonton. Yang agak menyebalkan ibukota negara kita, Jakarta, di cap negatif. Salah satu cara "bernegosiasi" Foxx dengan Duta Besar Arab Saudi adalah dengan menyatakan bahwa ia mengetahui ada aliran dana dari pejabat Arab Saudi untuk perkumpulan di Amerika yang mengalir ke Jakarta. Tampaknya image Indonesia yang secara umum di sana adalah sarang teroris sehingga dengan mengalirkan dana ke Jakarta dianggap membantu teroris. Huh, menyebalkan!

No comments: