Wednesday, January 2, 2008

Atonement

www.Atonement.com

Directed by : Joe Wright
Starring :
James McAvoy
Keira Knightley
Saoirse Ronan
Brenda Blethyn
Vanessa Redgrave
Charlie Von Simson

Rating : 3,5 (skala 1-5)

Sebuah film drama dengan ending yang cukup mengharukan. Walau tampak seperti film drama biasa, gaya berceritanya tidak seperti film kebanyakan. Penggambarannya mirip dengan novel yang mempunyai beberapa karakter utama. Bahkan dapat dikatakan inilah versi drama romantis dari "Pulp Fiction" atau "Sin City".

Menceritakan tentang sebuah cinta yang bertepuk sebelah tangan akibat perbedaan kelas dan usia. Seorang anak remaja bangsawan yang mempunyai bakat sebagai penulis bernama Briony Tallis jatuh cinta pada seorang pemuda bernama Robbie Turner yang bekerja menjadi pelayan di rumahnya. Tetapi apa daya, sang pemuda jatuh cinta pada kakaknya Briony yang bernama Cecilia karena kesetaraan usia. Lewat sebuah kejadian, sang pemuda harus masuk penjara akibat keterangan palsu yang dibuat oleh Briony. Akibatnya Robbie harus berpisah dengan Cecilia dan akhirnya keduanya meninggal dunia akibat Perang Dunia 2 di tempat yang berbeda. Sementara Briony hidup sampai masa tuanya dalam perasaan bersalah dan akhirnya mengarang akhir cerita cinta tersebut menjadi sebuah akhir yang indah. Cerita itu menjadi novel terakhirnya karena Briony mengidap sebuah penyakit yang membuat kemampuan menulisnya berkurang.

Walau James McAvoy dan Keira Knightley tampil sebagai pemeran utama, film ini justru mengenai Briony yang diperankan Saoirse Ronan. Briony kecil tampak diperankan dengan sangat baik. Agak disayangkan adalah cara bercerita gaya novel yang kadang agak membingungkan. Ditambah dengan dialog dalam aksen Inggris yang kurang begitu jelas di telinga, saya sarankan menonton dvd aslinya saja.

No comments: