Saturday, January 26, 2008

The Bucket List

Directed by : Rob Reiner
Starring by :
Jack Nicholson
Morgan Freeman

Rating : 5 (skala 1-5)

Luar biasa! Sebuah film yang menggabungkan 2 karakter kuat tanpa meniadakan satu sama lain. Kelembutan Morgan Freeman dapat terimbangi dengan emosi meledak-ledak khas Jack Nicholson.
Dan sepertinya film ini memang dibuat sebagai panggung adu akting dua aktor kawakan ini. Kehadiran tokoh lain seperti hanya menjadi pelengkap tapi tidak bisa ditiadakan karena justru mereka lah yang menjadi perekat antar adegan.

Film ini mengangkat cerita tentang dua orang dari kelas sosial yang berbeda tetapi memiliki persamaan yaitu mengidap kanker dan divonis akan meninggal dalam jangka waktu tertentu. Salah seorang diantara kedua orang tersebut yang bernama Carter Chambers (Morgan Freeman), seorang montir mobil, menulis sebuah daftar tindakan yang belum ia lakukan selama hidup; mulai dari membalap dengan mobil impiannya sampai dengan melakukan sesuatu dengan seorang wanita cantik. Teman sekamar Chambers, bernama Edward Cole (Jack Nicholson) - seorang kaya pemilik jaringan rumah sakit, secara tidak sengaja membaca daftar tersebut dan menantang Chambers untuk melakukan hal yang lebih gila lagi. Walau awalnya Chambers menolak, akhirnya mereka menjadikan daftar tersebut sebagai daftar yang harus mereka lakukan bersama-sama. Usaha mereka pada awalnya mendapat tantangan dari istri Chambers. Tetapi Chamber bergeming dan tetap melanjutkan perjalanan berkeliling dunia bersama Cole.

Film yang sarat pesan moral ini begitu mengalir sehingga emosi kita dapat terlarut bersama rangkaian dialog cerdas yang terlontar. Di film ini sepertinya setting tidak terlalu penting karena karakter bintang utama sudah sangat kuat. Sayangnya ada beberapa detail yang mengganggu seperti Taj Mahal yang tampak seperti rekayasa komputer dan beberapa bloopers yang kasat mata. Satu hal yang menarik, Indonesia diperkenalkan secara positif lewat Kopi Luwak Sumatra. Jack Nicholson bahkan rela membawa seperangkat alat pembuat kopinya ke rumah sakit demi menikmati kopi tersebut.

No comments: