Thursday, January 3, 2008

Stranger than Fiction

www.strangerthanfiction.com

Directed by : Marc Forster
Starring :
Will Ferrell
Maggie Gyllenhaal
Dustin Hoffman
Queen Latifah
Emma Thompson

Rating : 4 (skala 1-5)

Apa jadinya kalau sebuah novel ternyata adalah sebuah kenyataan? Tentu saja yang sang pengarang akan terkejut. Apalagi kalau novel tersebut berakhir dengan sebuah tragedi.

Film ini bercerita tentang seseorang bernama Harold Crick (diperankan Will Ferrell) seorang petugas pajak dengan kehidupan yang penuh rutinitas dan tanpa "warna". Di sisi lain diceritakan mengenai kehidupan seorang pengarang bernama Karen Eiffel (Emma Thompsom), yang selalu membunuh karakter utama novelnya, sedang mengalami kebuntuan dalam menyelesaikan novel masterpiecenya.
Isi film ini dimulai ketika Harold mulai mendengar suara seorang wanita bernarasi tentang kehidupannya. Penasaran dengan suara tersebut, ia pun berusaha mencari penyebab dan asal suara. Pencarian itu mengantarnya bertemu Professor Jules Hilbert (Dustin Hoffman). Lewat Professor Hilbert lah Harold mengetahui bahwa narator tersebut adalah novelis Karen Eiffel dan ia adalah tokoh utama dari novel masterpiece yang sedang dikarang Eiffel. Dan karena novel-novel Eiffell terkenal dengan kematian tokoh utamanya, Harold pun mencari cara supaya ia tidak "terbunuh".

Untuk sebuah film drama, film ini sangat bagus. Sarat dengan pesan tersirat, penggambaran yang cukup detail, ilustrasi grafis yang menarik, dan tidak menguras air mata walau ada sedikit bumbu tragis. Sedikit disayangkan pada bagian akhir, agak sedikit membosankan dan ada kesan cerita dipanjang-panjangkan agar ada happy ending. Permainan acting Will Ferrell dan Dustin Hoffman cukup bagus di film ini. Sementara Maggie Gyllenhaal, Emma Thompson, dan Queen Latifah tidak terlalu istimewa. Satu hal yang terpikir oleh saya adalah bagaimana kalau Will Ferrell diganti dengan Nicholas Cage. Kalau Cage bisa bermain seperti dalam "Adaptation", tampaknya film ini akan lebih menguras air mata lagi.

1 comment:

Haedi Noor said...

Pernah nih nonton film ini. keren film nya HIHI