Sunday, January 20, 2008

The Warlords

www.thewarlords.com

Directed by : Peter Chan
Starring :
Jet Li
Andy Lau
Takeshi Kaneshiro

Rating : 3,5 (skala 1-5)

Film yang agak membingungkan untuk dirating. Para aktor bermain cukup baik (apalagi Takeshi Kaneshiro tampak cukup bisa mengimbangi Jet Li dan Andy Lau). Tapi cerita yang diangkat terlalu sederhana. Intrik-intrik sebagai bumbu penyedap terasa kurang diolah dengan baik dan sepertinya hanya ada sebagai pelengkap agar ada alasan untuk ending film. Kalau dibandingkan dengan Curse of The Golden Flower, film ini tampak hanya "separuh"nya.
Bahkan "Hero" yang juga dibintangi Jet Li masih lebih baik.

Menceritakan tentang persahabatan 3 orang bernama Ma Xinyi(Jet Li), Cao Erhu (Andy Lau), dan Zhang Wenxiang (Takeshi Kaneshiro). Ma adalah mantan tentara. Sedangkan Cao adalah pemimpin sekelompok bandit sementara Zhang adalah letnannya. Pertemuan Ma dengan Cao dan Zhang merubah status mereka dari bandit menjadi tentara pemerintah. Uniknya upah mereka bukanlah gaji tetapi sepersekian kekayaan dari kota yang mereka perangi. Kemenangan demi kemenangan diraih sampai akhirnya Ma menjadi jendral. Sementara itu, antar mereka pun ada intrik-intrik dimana Ma jatuh cinta pada istri Cao. Walau Zhang mengetahuinya, ia tidak langsung berbicara pada Cao sampai akhirnya Cao mati di tangan suruhan Ma. Zhang yang dendam menghadang Ma; sementara secara diam-diam ada pihak lain yang memanfaatkan situasi tersebut untuk menghabisi Ma.

Dilihat dari sisi action, film ini kurang terasa geregetnya walau penuh adegan perang. Konflik dan intrik yang ingin ditonjolkon tampak kurang "kuat". Mungkin ekspektasi berlebihan karena taburan bintang agak mengacaukan penilaian ini. Yang pasti, film ini tidak menimbulkan kesan mendalam setelah ditonton.

No comments: