Monday, December 10, 2007

Yamato

Directed by : Junya Sato
Starring :
Takashi Sorimachi
Shido Nakamura
Yu Aoi
Junichi Haruta

Rating : 5 (skala 1-5)

Bagi mereka yang gemar film perang, Yamato layak untuk ditonton. Film keluaran 2005 ini tidak hanya menceritakan kapal secara fisik, tetapi juga secara operasional. Di sini kita bisa melihat kedisiplinan orang Jepang dalam menyiapkan sebuah kapal dalam keadaan siap tempur. Tidak hanya itu, kedisiplinan pun diterapkan di semua bagian bahkan sampai ke dapur sekali pun.

Film ini bercerita secara flashback. Dimulai dari keinginan seorang anak awak kapal Yamato bernama Makiko Uchida yang ingin pergi ke tempat tenggelamnya kapal tersebut. Walau sudah mencari orang yang bersedia, tidak ada yang mau mengantarnya. Sampai ia akhirnya bertemu dengan Katsumi Kamio dan menceritakan bahwa ia adalah anak Petty Officer Uchida yang gugur bersama dengan tenggelamnya Yamato. Kamio sendiri ternyata adalah teman dekat Uchida sewaktu bertugas di Yamato. Hanya ia berhasil selamat ketika Yamato ditenggelamkan dalam perang mempertahankan Okinawa dari serangan sekutu. Dalam perjalanan selama 15 jam menuju lokasi, Kamio pun menceritakan kehidupan di atas kapal perang terbesar yang pernah dibuat tersebut.

Mungkin film agak mirip dengan "Das
Boot" yang mengangkat tema kapal selam U-Boat. Perbedaannya film ini lebih berwarna dengan setting lokasi yang lebih beragam dan tentunya durasi yang lebih pendek (104 menit). Film ini juga menggunakan beberapa potongan film dokumenter ditambah dengan beberapa adegan rekayasa grafis komputer. Yang cukup mengganggu adalah terjemahan bahasa Inggris dan Melayu yang kurang bisa diandalkan. Tapi hal tersebut terobati dengan fitur suara dts yang dapat diaktifkan sehingga menambah gelegar adegan perang yang ada.

No comments: