Wednesday, December 5, 2007

Freedom Writers

www.freedomwriters.com

Directed by : Richard Lagravenese
Starring :
Hillary Swan
Patrick Dempsey
Scott Glenn
Imelda Staunton

Rating : 5 (skala 1-5)

Film drama yang sangat menyentuh. Diangkat dari kejadian sebenarnya dan menurut saya setara dengan "Dead Poet Society" yang dibintangi Robin Williams (memenangi Academy Award 1989). Cerita yang diangkat agak mirip yaitu setting di sebuah sekolah dan aktor utama seorang guru bahasa Inggris yang mendorong anak didiknya untuk merubah hidup lewat menulis. Bedanya, "Freedom Writers" bercerita dengan latar belakang kerusuhan antar gang ras di Amerika sementara "Dead Poet Society" berlatar belakang sebuah prep school yang konservatif dan aristokrat.

Hillary Swank yang berperan sebagai guru baru bernama Erin Gruwell ditempatkan di sebuah sekolah umum sebagai guru pengganti. Sekolah ini awalnya adalah sebuah sekolah yang bagus. Karena itu, pemerintah Amerika menjadikan sekolah ini sebagai sekolah percontohan pembauran gang. Banyaknya anggota gang yang dimasukkan ke sekolah ini membuat kualitas sekolah menurun. Para guru akhirnya putus asa untuk mendidik mereka karena tidak ada satu pun cara yang dapat dilakukan agar para anggota gang tersebut mau mendengarkan pengajaran mereka.
Erin Gruwell kemudian masuk di sekolah ini dengan membawa idealisme yang tinggi. Walau banyak guru memperingatkannya, ia tetap maju dan yakin bahwa perubahan dapat dilakukan. Lewat berbagai cara, akhirnya ia mendapat perhatian dari anak didiknya dan mulailah terjadi perubahan. Bahkan tidak hanya itu, benih pembauran mulai tumbuh diantara para murid.
Tetapi, tentu saja tidak semudah itu keberhasilan dicapai. Ada banyak halangan mulai dari para anggota gang lain sampai dengan para guru yang tidak senang kepada Gruwell. Bahkan suami Gruwell meninggalkannya karena menurut dia Gruwell lebih mementingkan kehidupan para murid daripada kehidupan berkeluarga.
Film ini diakhiri dengan sebuah ending yang sangat emosional yang tentunya tidak akan menarik kalau saya tulis di sini.

No comments: