Thursday, August 28, 2008

West Side Story (1961)

United Artists

Genre : Musical and Performing Arts

Durasi : 152 menit

Sutradara : Jerome Robins dan Robert Wise

Pemain :
Natalie Wood sebagai Maria
Richard Beymer sebagai Tony
Russ Tamblyn sebagai Riff
Rita Moreno sebagai Anita
George Chakiris sebagai Bernardo

Penghargaan :
Academy Award 1962 – Memenangkan 10 Oscar dalam kategori
Best Director
Best Picture
Best Supporting Actor
Best Supporting Actress
Best Art Direction
Best Cinematography
Costume Design
Film Editing
Original Music Score of a Musical Picture
Sound

Rating : Approved (Amerika)
PG (Australia)


Film West Side Story adalah sebuah adaptasi dari drama Broadway dengan judul yang sama. Drama West Side Story sendiri merupakan adaptasi Rome dan Juliet karya William Shakespeare. Karena itu tidak mengherankan bagaimana di sini muncul dua kelompok yang berseteru dengan sepasang kekasih yang terjebak diantaranya.

Dalam film ini, kita akan dibawa menyaksikan permusuhan dua kelompok rasial yaitu The Jets (anggotanya dari ras Kaukasia) melawan The Sharks (anggotanya dari Puerto Rico), yang berlangsung di jalanan kota New York. Tema rasial ini sepertinya memang sengaja diangkat karena memang pada tahun tersebut, isu rasial sedang menghangat di Amerika Serikat.

Film yang sarat dengan pertunjukan seni (performing arts) dan bumbu isu rasial ini bercerita dengan sangat lugas. Pada adegan awal, kita langsung dihadapkan pada “perkelahian” The Jets melawan The Sharks. Kemudian kita akan diperkenalkan pada para tokoh kunci seperti pemimpin The Jets – Riff dan pemimpin The Sharks – Bernardo. Sang “Romeo” dalam film ini adalah Tony - salah satu pendiri The Jets yang telah keluar dari kelompok tersebut dan juga sahabat Riff. Sedangkan “Juliet”nya adalah adik Bernardo yaitu Maria. Walau kelanjutan cerita dapat ditebak, hal itu tidak menjadi masalah karena kita akan sangat dimanjakan dengan gerakan tari dan musik yang memesona sepanjang film. Hal ini tidak lepas dari kepiawaian komposer Leonard Bernstein yang juga dikenal sebagai konduktor untuk New York Philharmonic.

Catatan akhir, peran Tony awalnya ditawarkan kepada Elvis Presley yang kemudian ditolak oleh manajernya. Setelah memenangi 10 Oscar, Elvis menyesali keputusan tersebut. Selain prestasi 10 Oscar, West Side Story juga tercatat sebagai film nomor 2 dengan pemasukan kotor terbesar. Peringkat pertama ditempati film “One Hundred and One Dalmatians” dari Disney sedangkan peringkat ketiga ditempati “The Guns of Navarone” dari Columbia.

No comments: