Thursday, August 7, 2008

Pierrepoint : The Last Hangman (2005)


Big City Pictures

Genre : Drama

Durasi : 90 menit

Sutradara : Adrian Shergold

Pemain :
Timothy Spall sebagai Albert Pierrepoint
Juliet Stevenson sebagai Annie Pierrepoint
Eddie Marsan sebagai James “Tish” orbitt

Tanggal Rilis : 07 April 2006 – Inggris

Award :
2006 – Dinard British Film Festival – Memenangkan “Audience Award” untuk Adrian Shergold
Memenangkan “Silver Hitchcock” untuk Adrian Shergold

Rating : 5 (skala 1-5)


Albert Pierrepoint adalah seorang pemasok kebutuhan sehari-hari yang mempunyai pekerjaan lain yang ia rahasiakan – bahkan dari istrinya sendiri. Pekerjaan itu adalah menjadi seorang eksekutor hukuman gantung bagi pemerintah Inggris. Ia melakukan hal tersebut karena ayahnya juga adalah seorang eksekutor yang memiliki reputasi baik.
Film dimulai dari saat Pierrepoint dibriefing mengenai tugasnya. Saat itu, ia bersama dengan seorang eksekutor lain. Pada saat harus melakukan eksekusi pertama, ternyata hanya Pierrepoint yang sanggup mengatasi terror mental yang acap kali timbul dalam diri seorang eksekutor pada saat berhadapan dengan terpidana. Untuk itu, ia mempunyai satu sudut pandang tersendiri mengenai pekerjaannya tersebut.
Dalam menjadi eksekutor, Pierrepoint berusaha menjadi yang terbaik. Ia juga mencoba melampaui rekor yang dibuat ayahnya. Dengan caranya, ia mampu melewati rekor tersebut. Dan karena itu pula, ia dipanggil oleh pemeritah Inggris ke Jerman untuk mengeksekusi tawanan perang Nazi.
Di sinilah ia bekerja melebihi batas yang selama ini ia tahu. Karena itu pula, ketika ia kembali ke rumahnya di Inggris, semua orang memberi selamat kepadanya dan menganggap ia pahlawan.
Ketika keadaan mulai berubah, masyarakat pun memandang hukuman mati tidak lagi cocok diterapkan. Albert Pierrepoint mengalami terror dari masyarakat. Hal ini tentu saja membuatnya tertekan. Apalagi, ketika salah seorang yang ia kenal harus ia eksekusi. Apa yang harus ia lakukan?

Menonton film ini membuat saya kembali kepada film “Stephen King’s : The Green Mile” (1999) dengan Tom Hanks sebagai pemeran utamanya. Bedanya adalah kalau dalam “Green Mile” kita akan diperlihatkan penghukum dan terpidana, kalau dalam film ini justru kita akan lebih melihat karakter penghukumnya saja. Perbedaan lain juga pada karakter Tom Hanks yang menurut saya sangat baik memerankan Paul Edgecomb daripada Timothy Spall memerankan Albert Pierrepoint. Sebagai tambahan, Timothy Spall juga memerankan Peter Pettigrew dalam Harry Potter (The Deatly Hallows Part 1 – 2010, The Half Blood Prince – 2008, dan Goblet of Fire – 2005) Selan itu ia juga memerankan Beadle dalam Sweeney Todd (2007) dan Mr. Poe dalam Lemony Snicket’s A Series of Unfortunate Events (2004)

Menonton film yang berdasar atas cerita nyata ini membuat saya bertanya satu hal. Apa yang anda lakukan ketika pekerjaan yang anda banggakan akhirnya membuat anda muak? Seringkali kita berhadapan dengan idealisme kita dan tuntutan hidup yang membuat kita harus memilih salah satu. Dan ketika saat itu tiba, kita tetap harus memilih apa yang harus kita jalani karena tidak mungkin kita menjalani keduanya.

No comments: