Thursday, August 7, 2008

Call Girl (2007)


Instituto do Cinema, Audiovisual e Multimedia (ICAM)

Genre : Drama

Durasi : 145 menit

Sutradara : Antonio-Pedro Casconcelos

Pemain :
Soraia Chaves sebagai Maria
Ivo Canelas sebagai Madeira
Joaquim de Almeida sebagai Mouros
Nicolau Breyner sebagai Carlos Meireles

Tanggal Rilis : 27 Desember 2007 – Portugal

Award :
2008 – Golden Globe – Memenangkan “Best Actor” untuk Ivo Canelas
Memenangkan “Best Actress” untuk Soraia Chaves
Memenangkan “Best Film”

Rating : Dewasa – dengan beberapa adegan telanjang dan kekerasan

Layak ditonton : 5 (skala 1-5)


Setiap orang ada kelemahannya. Termasuk Carlos Meireles – seorang walikota sebuah kota kecil dengan potensi besar di Portugal. Carlos tidak mengijinkan sebuah perusahaan membeli tanah di kotanya karena ia tahu akan terjadi perusakan besar-besaran terhadap lingkungan. Karena berbagai cara untuk merubah keputusan walikota selalu gagal, akhirnya perusahaan tersebut menyewa jasa Mouros yang memang terkenal untuk menyelesaikan masalah seperti itu. Lewat investigasi, Mauros mendapati kelemahan sang walikota adalah perempuan. Dari hal tersebut, ia menyewa pelacur kelas atas yaitu Maria untuk dipersembahkan kepada sang walikota. Keadaan menjadi tidak terkendali ketika ternyata sang pelacur tidak bodoh dan polisi secara tidak sengaja mengetahui rencana penyuapan itu.

Film berbahasa Portugal ini cukup menarik untuk disimak. Satu hal yang menarik, sutradara dan para pemain utamanya cukup terkenal di Portugal dan bukan di Hollywood. Walau demikian, acting mereka layak diacungi jempol.
Kalau melihat film ini, saya pun teringat kasus para petinggi di negara kita. Bukan tidak mungkin cara yang sama telah dipraktekkan oleh beberapa perusahaan untuk memuluskan ekspansi bisnisnya. Mungkin ada sineas kita yang mau mengangkat tema ini – daripada hanya hantu atau komedi seks.

No comments: