Tuesday, September 30, 2008

Get Smart (2008)

Warner Bros Pictures
Genre : Komedi Aksi
Durasi : 110 menit
Sutradara : Peter Segal
Pemain :
Steve Carell sebagai Maxwell Smart
Anne Hathaway sebagai Agent 99
Dwayne Johnson sebagai Agent 23
Penghargaan :
Teen Choice Award 2008 – memenangkan Teen Choice Award untuk kategori “Choice Summer Movie: Comedy”
Rating : PG-13 (USA) untuk humor yang kasar dan kekerasan fisik serta verbal.
Tanggal Rilis : 19 Juni 2008
Layak Tonton : 3 (dalam skala 1 – 5)

Melihat dari poster yang dirilis, pikiran saya langsung terbayang kelucuan Rowan Atkinskon dalam film “Johnny English” (2003) atau Leslie Nielsen dalam “Naked Gun”. Tetapi apa yang saya dapatkan ternyata tidak demikian. Film ini adalah sebuah komedi yang tidak terlalu mengumbar kelakuan konyol dimana-mana. Beberapa hal yang lucu justru didapat dari permainan dialog antar pemain. Bisa dikatakan inilah film “plesetan cerdas” dari genre spy movie.
Film yang merupakan re-make dari serial tv dengan judul yang sama ini sebenarnya bukanlah yang pertama mencoba mengikut sukses serial pertamanya. Tercatat sebelum film ini ada versi theater yang berjudul “The Nude Bomb” (1980) dan film untuk tv “Get Smart, Again” (1989). Dari dua judul di atas, yang cukup berhasil adalah “Get Smart, Again”. Bahkan Fox TV mencoba membuat serial dengan judul “Get Smart” di tahun 1995 untuk mengikuti kesuksesan itu. Sayangnya serial tersebut tidak berumur panjang. Karena itu dapat dibayangkan film ini “menanggung” beban yang cukup berat. Grafik naik turun animo penonton bisa saja membuat film ini tidak laku di pasaran. Untungnya dari penghargaan yang ia dapat dalam Teen Choice Award, film ini dapat diterima publik dan bahkan direkomendasikan untuk ditonton. Karena itu tidak heran kalau kita dapat menyaksikan spin-off dari film ini yang berjudul “Get Smart’s Bruce and Lloyd: Out of Control”.

Kesuksesan “Get Smart” tidak terlepas dari tangan dingin sang sutradara. Peter Segal adalah sutradara yang kerap menangani film jenis ini. Kita bisa lihat hasil karyanya dalam “Naked Gun 33 1/3” The Final Insult” (2004) dan “Nutty Professor II: The Klumps” (2000). Selain itu ia juga menyutradarai “Anger Management” (2003).
Akting Steve Carell juga cukup dingin sehingga kesan tokoh agen rahasia cukup sukses dijalankannya (sekali lagi seperti Rowan Atkinson atau Leslie Nielsen dalam film-filmnya). Berbeda saat ia memerankan Evan Baxter dalam “Evan Almighty” (2007) yang cenderung mengeksplor emosinya, dalam film ini ia harus tampil selalu rapi dengan jas dan sedikit kaku. Sementara Anne Hathaway cukup luwes dalam mengimbangi peran Steve Carell walau ia lebih banyak bermain dalam film drama seperti “Brokeback Mountain” (2005) atau “The Devil Wears Prada” (2006).
Secara keseluruhan, film ini memang layak untuk ditonton. Bagi mereka yang mengoleksi “Naked Gun” dan “Johnny English” tentu saja “Get Smart” harus ditambahkan dalam lemari koleksi. Sayangnya ada sedikit adegan yang cukup mengganggu saya yaitu saat Carell dan Hathaway harus melintasi ruangan penuh jebakan laser. Cara mereka melewatinya sangat mirip dengan adegan Catherine Zeta Jones dalam film “Entrapment” (1999).

No comments: