Thursday, November 29, 2007

Havoc 2

Directed by : Beth Schacter
Starring :
Amber Tamblyn
Kelli Garner
Ashton Holmes
Kelly Lynch

Official selection Tribecca Film Festival Best Screenplay
Rating : *** (skala 1-5)

Film ini unik karena merupakan sebuah film remaja tetapi tema yang diangkat melebihi umurnya. Sedikit yang disayangkan karena hal tersebut terlalu bias disampaikan. Kita harus melihat ke bagian “Special Features” nya (kalau beli dvd tentunya) untuk mengetahui secara gamblang hal tersebut.
Ceritanya cukup mengalir tetapi agak sedikit membosankan di pertengahan. Tapi kalau kita lanjutkan, akan ada kejutan di bagian-bagian akhirnya. Film ini buat saya termasuk yang tidak usah berpikir untuk menontonnya. Tinggal duduk, dan nikmati setiap adegan yang ada.
Film ini menceritakan tentang sebuah kelompok berisi 3 orang wanita dan 3 orang pria yang tampil beda dari lingkungan sekolahnya di Amerika. Mereka tidak termasuk kelompok yang “dugem” tetapi juga bukan kelompok “geek”. Mereka adalah kelompok yang punya ciri khas tersendiri. Kelompok eksklusif ini memiliki semboyan “no secrets, no inhibitions, no apologies”. Mereka masing-masing memiliki satu kotak yang berisi semua kenangan sepanjang hidup mereka. Tiap pertemuan akhir minggu, yang diakhiri dengan pesta seks, mereka diperbolehkan mengisi atau mengeluarkan satu benda dari kotak tersebut sambil menceritakan alas an mengapa mereka melakukan hal itu. Salah satu keunikanan kelompok ini adalah kesetian mereka ada pada kelompok dan bukan pada perseorangan. Jadi mereka dapat berganti pasangan setiap minggunya tanpa rasa bersalah.
Permasalahan muncul ketika salah satu perempuan di kelompok ini (Wendy) jatuh cinta pada pria lain yang bukan berasal dari kelompok tersebut. Dan bisa dikatakan inilah inti cerita itu yaitu bagaimana seseorang harus memilih antara berada di “zona nyaman”nya atau mau masuk ke sebuah “area baru” dimana ia harus menyesuaikan diri kembali. Untuk ukuran film remaja, tentu hal ini bukan persoalan biasa karena umumnya hanya mengangkat tema pesta, mabuk, cinta, dan hubungan seks pertama. Tapi, seperti saya ceritakan di atas, kelompok ini memang unik. Jadi tidak masalah dengan kegiatan mereka yang “nyeleneh” dan keluar dari jalur biasanya.

No comments: