Wednesday, November 28, 2007

1408

John Cussack
Samuel L. Jackson
Rating : **** (skala 1-5)

Sebuah film thriller yang mengangkat tema hantu tanpa menggambarkan hantu secara berlebihan. Film ini menceritakan tentang seorang penulis bernama Michael Enslin (John Cussack) yang berkeliling Amerika untuk menemukan dan menguji tempat-tempat berhantu. Sepanjang perjalanannya, ternyata tempat-tempat tersebut tidak seperti yang ia duga dan karena itu ia berpendapat bahwa sebenarnya semuanya itu hanyalah mitos belaka. Untuk 15 menit pertama, film ini cukup menarik untuk ditonton dan mengundang rasa ingin tahu lebih lanjut. Cerita sebenarnya dimulai ketika Enslin mendapat kartu pos sebuah hotel dan di dalamnya terdapat kalimat "jangan minta kamar 1408". Ia pun menghubungi hotel tersebut dan meminta kamar 1408. Tetapi pihak hotel menyatakan bahwa kamar tersebut tidak tersedia bahkan sampai tahun selanjutnya.
Didorong rasa penasaran, ia berangkat menuju hotel tersebut dan bertemu dengan manajer hotel yang bernama Olin (Samuel L Jackson). Walau telah mencoba berbagai cara, Olin tidak dapat membatalkan niat Enslin untuk menginap di 1408 dan
akhirnya mengijinkannya menginap.
Keanehan demi keanehan terjadi di kamar tersebut. Mulai dari tissue toilet yang tertata rapi setelah dipakai, air panas yang tiba-tiba keluar, sampai suara tangis bayi dari kamar sebelah. Setelah berbagai macam kejadian, Enslin akhirnya menyerah dan memutuskan untuk keluar. Tetapi kamar tersebut seperti tidak mengijinkannya. Dan Enslin pun harus menerima kenyataan bahwa ia terperangkap dalam kamar tersebut.
Tentu masih banyak kejadian mengejutkan dan menegangkan yang tidak bisa saya tulis di sini. Buat mereka yang tidak terlalu suka film thriller, saya sarankan mematikan audio stereo set anda ketika menontonnya. Buat mereka yang pernah menonton "Sixth Sense", film ini hampir serupa walau masih belum dapat menyainginya.
Satu hal yang paling menarik dari film ini adalah ide bahwa apa yang kita lihat belum tentu suatu realita. Bisa jadi itu hanya ilusi yang timbul di pemikiran akibat keadaan sekitar kita. Tapi pada akhirnya kitalah yang harus memutuskan langkah apa yang harus diambil.

Selamat menonton dan "stay scared"

No comments: