Monday, February 16, 2009

Defiance (2008)


The Bedford Falls Company

Genre : Drama - Perang

Durasi : 137 menit

Sutradara : Edward Zwick

Pemain :
Daniel Craig sebagai Tuvia Bielski
Lev Schreiber sebagai Zus Bielski
Alexa Davalos sebagai Lilka Ticktin
Ravil Isyanov sebagai Viktor Panchenko

Tanggal Rilis : 10 Januari 2009 – Indonesia

Award :
2009 – Oscar
Nominasi “Best Achievement in Music Written for Motion Picture, Original Score” untuk James Newton Howard

2009 – Golden Globe
Nominasi “Best Original Score – Motion Picture” untuk James Newton Howard

2008 – Las Vegas Film Critics Society Awards
Memenangkan “Sierra Award” untuk “Best Score” oleh James Newton Howard


Rating : R (MPAA)

Layak ditonton : 5 (skala 1-5)


Sekali lagi kita disuguhi film bertema holocaust Perang Dunia 2. Film ini bercerita mengenai Bielski bersaudara yang melarikan diri ke hutan Belarusia untuk menghindari kejaran tentara Nazi. Tidak disangka, banyak orang Yahudi yang senasib dengan mereka di tengah hutan tersebut. Makin lama, semakin banyak orang Yahudi yang bergabung dengan mereka. Bahkan yang berasal dari ghetto (wilayah di dalam kota khusus bagi orang Yahudi dan dijaga ketat tentara Nazi).
Walau pada awalnya mereka hanya mencoba bertahan, tetapi sebagian dari orang Yahudi ini sepakat untuk melawan. Beberapa orang tersebut memisahkan diri dari kelompok induk dan bergabung dengan Tentara Merah dari Rusia. Di sinilah letak kontroversi sejarah terjadi. Bagi sebagain orang lokal, Bielski bersaudara adalah penjahat karena mereka membunuh penduduk untuk mendapat makanan. Tapi bagi kelompok Bielski, mereka hanya bertahan hidup dan yang mereka bunuh adalah para kolaborator Nazi yang memburu mereka.

Terlepas dari kontroversi tersebut, film ini dapat membawa kita pada suasana hutan dengan perlindungan seadanya. Agak mengingatkan kita pada film “Robin Hood – The Prince of Thieves” yang dibintangi oleh Kevin Costner. Ketegangannya pun tidak jauh dengan film tersebut. Yang jadi catatan, Daniel Craig cukup ok dengan logat Eropa Timur. Walau agak aneh juga mendengar dialog dalam Bahasa Inggris, tapi ini semata agar kita dapat lebih mengerti film keseluruhan.

Film ini sebenarnya tidak harus ditonton di bioskop karena adegan perang dengan suara menggelegar tidak terlalu diekspos. Lagipula, ia lebih banyak bercerita pada drama yang terjadi dalam pengungsian mereka. Tapi, sebagai alternative pilihan, cukup layak untuk ditonton di tengah serbuan film horror dan komedi dari sineas lokal.

1 comment:

It's me!!! said...

wow... gaya penulisannya patut diacungi jempol!!! dilihat2 dari sekian banyak resensi filmnya, sepertinya hobbi nonton film perang ya??? coba deh nonton film karya tom hanks and steven spielberg judulnya "Band Of Brother" ada 10 kaset + 2 bonus vcd (wawancara sama pelaku asli n reunian mrk). rame bgt... dpt rating 7 lha..hehe salam kenal!!!!