Wednesday, March 12, 2008

Once


Directed by : John Carney

Starring by : Glen Hansard
Marketa Irglova

Rating : 5 (skala 1-5)
Satu lagi film musikal yang membuat saya ingin menontonnya kembali. Cerita yang diangkat sangat sederhana tetapi memiliki pesan tersirat yang sangat dalam. Walau sampai akhir kita tidak mengetahui nama masing-masng tokoh utama, kita tetap dapat menikmati cerita dan terlebih lagu-lagu indah yang tersaji secara akustik.

Menceritakan pertemuan dua orang berbeda gender yang disatukan lewat musik dan lirik. Sang pria (Glen Hansard) mempunyai dua pekerjaan. Pekerjaan pertama adalah membantu ayahnya di toko reparasi vacuum cleaner sedangkan pekerjaan keduanya adalah pemusik jalanan. Sang wanita (Marketa Irglova) adalah imiran asal Ceko yang bekerja serabutan di siang hari dan merawat anak dan ibunya di malam hari.
Pertemua keduanya terjadi di jalanan kota Dublin ketika Hansard sedang "mengamen". Irglova yang tertarik mendengar lagu dan lirik yang dimainkan akhirnya membuka percakapan. Percakapan berlanjut dengan hal lainnya dan terungkaplah bahwa mereka memiliki persamaan yaitu sama-sama menuangkan perasaan lewat musik dan juga ternyata mereka sama-sama ditinggal oleh sang kekasih. Irglova lalu mendorong Hansard untuk membuat sebuah album demo musik yang bisa dipergunakan untuk mendapat kontrak dengan perusahaan rekaman di London. Sekaligus menyusul kekasihnya yang juga tinggal di kota yang sama.
Perjalanan membuat demo musik itu ternyata menyadarkan mereka akan arti cinta yang telah mereka miliki sekaligus membuka kisah cinta baru antar mereka yang tidak akan pernah berlanjut.
Untuk sebuah film dengan durasi 109 menit, apa yang disajikan sudah lebih dari cukup. Ia tidak membawa penonton memutar-mutar dalam konflik cinta tak kesampaian yang menghabiskan waktu tetapi mengalir begitu saja dan benar-benar membuat waktu yang sempit menjadi indah tanpa perlu ada konflik berlebih.
Lagu-lagu yang ada sangat berkesan apalagi disajikan dengan teknik akustik sehingga sangat membawa suasana. Dan tentunya tidak berlebihan apabila salah satu lagunya mendapat Oscar untuk kategori lagu terbaik dalam sebuah film.

1 comment:

HowtoKillAngel said...

Glen Hansard dari Band "The Frames, emang Top :)