Monday, March 24, 2008

Katyn

Genre : Drama History War

Directed by : Andrzej Wajda
Starring by :
Artur Zmijewski
Maja Ostaszewska
Andrzej Chyra
Danuta Stenka
Jan Englert

Rating : 5 (skala 1-5)

Bagi mereka yang tidak familiar dengan tema Perang Dunia ke 2, nama Katyn tentu sangat asing. Katyn adalah sebuah tempat berupa hutan di daerah Polandia dimana menjadi tempat kuburan massal bagi 20.000 tentara cadangan Polandia (dalam hal ini perwira dan para intelektual) yang dibunuh oleh NKVD Soviet.

Cerita yang diangkat adalah mengenai 4 orang tentara beserta keluarga mereka. Bagaimana keadaan para tentara itu sebelum dibunuh dan bagaimana keadaan keluarga mereka selama menanti janji pemerintah Soviet yang katanya akan membebaskan anggota keluarga mereka.
Alih-alih membebaskan, mereka mendapat kabar resmi dari pemerintah Soviet yang menyatakan bahwa para tentara telah dibunuh oleh Nazi Jerman di Hutan Katyn. Para anggota keluarga tentu tidak mempercayainya karena sepanjang pengetahuan mereka, para tentara itu ditawan oleh pemerintah Soviet. Dengan segala cara pemerintah Soviet yang menguasai Polandia mencoba agar mereka percaya. Di sinilah kita dapat melihat bagaimana keteguhan hati dari para anggota keluarga dan juga resiko yang harus mereka terima dari hal tersebut.

Untuk kualitas dvd, karena yang saya beli bukan original, ada beberapa kekurangan seperti beberapa dialog penting yang tidak diterjemahkan. Serta skip di beberapa adegan. Untuk kualitas gambar sendiri, sudah cukup tajam. Mungkin kalau ada pihak yang mau mendistribusikan dvd originalnya dengan harga terjangkau, cukup layak film ini dibeli. Apalagi kalau ada bonus berupa foto-foto asli atau klip film hitam putih yang dikeluarkan oleh Nazi Jerman. Sangat membantu pemahaman kita mengenai pembunuhan massal ini.

Setelah menonton film ini, satu hal yang teringat oleh saya adalah apa mungkin Indonesia dapat membuat film seperti ini dengan cerita yang diangkat adalah mengenai pengejaran anggota dan simpatisan PKI di gunung-gunung pasca 30 September 1965. Mungkin kalau bisa, film ini bisa jadi mendapat nominasi Oscar karena film Katyn pun demikian. Sayangnya, ia kalah dari The Counterfeiters yang dibuat oleh Austria.

No comments: