Tuesday, July 29, 2008


Raja 1918 (2007)

Border Production
Durasi : 114 menit

Sutradara : Lauri Torhonen

Pemain :
Martin Bahne sebagai Carl von Muck
Minna Haapkyla sebagai Maaria Lintu
Tommi Korpela sebagai Heikki Kiljunen
Leonid Mozgovoy sebagai Major Gentsch

Tanggal Rilis : 30 November 2007

Rating : 4 (skala 1-5)


Setting film di sekitar tahun 1918 dimana Finlandia terbagi menjadi 2 dalam perang saudara. Kaum Merah yang didukung Rusia melawan Kaum Putih yang nasionalis. Kemenangan Kaum Putih di tahun 1918 membuat Kaum Merah harus tersingkir dan mengungsi ke Rusia – walau tidak sedikit yang masih mencoba untuk bertahan di negaranya. Keadaan ini lah yang direkam lewat film yang berdasar atas kisah nyata dari ayah produser Jorn Donner.

Seorang perwira bernama Carl von Muck dikirim untuk memimpin tentara yang bertugas di perbatasan. Pada awalnya kehidupan berjalan dengan baik. Perbatasan tidak terlalu menjadi hal yang susah untuk diawasi karena masyarakat di sana sudah terbiasa melintasi batas kedua negara. Mereka tinggal di area Finlandia dan bekerja di area Rusia atau sebaliknya. Sampai pada satu saat, pemerintah pusat meminta semua perbatasan dijaga ketat untuk menghindari kaburnya para pimpinan Kaum Merah dan juga menahan laju pengungsi Rusia karena kekacauan di negaranya.
Di tengah keadaa itu, von Muck pun menjalin hubungan dengan beberapa orang. Mulai hubungan cinta dengan seorang guru yang menjadi asistennya sampai pimpinan tentara perbatasan Rusia. Keadaan semakin runyam ketika ia mengetahui bahwa ternyata salah seorang pimpinan Kaum Merah ternyata sedang bersembunyi di daerahnya.

Satu hal yang menarik dari film ini adalah bagaimana dalam kondisi seperti di atas kita dapat mempercayai orang terdekat kita. Tidak mustahil mereka yang kita anggap musuh ternyata dapat menjadi sahabat dan mereka yang dekat kita malah bisa menjadi musuh dalam selimut.

No comments: