Tuesday, July 29, 2008


Heroes and Villains (2008)
BBC
Durasi : @ 60 menit

Sutradara :
Attila The Hun - Gareth Edwards
Spartacus - Tim Dunn
Shogun - Arif Nurmohamed
Cortes - Andrew Grieve
Richard The Lionheart - Nick Green
Napoleon - Nick Murphy

Pemain :
Attila The Hun - Rory McCann
Spartacus - Anthony Flanagan
Shogun Tokugawa - James Saito
Hernan Cortes - Brian McCardie
Richard The Lionheart - Stephen Waddington
Napoleon - Tom Burke

Tanggal Rilis :
Attila The Hun - 2008
Spartacus - 29 Feb 2008
Shogun - 24 Mar 2008
Cortes - 15 Mar 2008
Richard The Lionheart - 22 Mar 2008
Napoleon - 12 Nov 2007

Rating : 5 (skala 1-5)


Sekali lagi BBC membuat film dokumenter yang bagus. “Heroes and Villains” adalah sebuah rekaman hidup mengenai 6 orang pejuang yang dicatat sejarah atas apa yang mereka lakukan. Ke enam orang tersebut adalah Spartacus dari Romawi, Attila The Hun, Shogun Tokugawa dari Jepang, Hernan Cortes dari Spanyol, Raja Richard dari Inggris, dan yang terakhir adalah Napoleon dari Perancis.

Lewat masing-masing peristiwa, sejarah mencatat mereka sebagai orang yang melakukan sesuatu yang berdampak besar, tidak hanya bagi perseorangan, tetapi juga bagi sebuah bangsa bahkan peradaban.
Sayangnya, walau kita dapat menyaksikan para tokoh tersebut dari berbagai bangsa, bahasa umum yang digunakan adalah bahasa Inggris. Hanya sedikit bahasa non Inggris dalam film ini. Padahal kita tahu bagaimana bangganya orang Jepang dengan bahasa mereka. Juga bagaimana sikap orang Prancis terhadap bahasa mereka. Walau demikian, film ini tetap sangat menarik untuk dinikmati. Apalagi setiap kisahnya memuat petikan kalimat yang dapat membuka wawasan dan cara pandang kita terhadap sesuatu.

Satu hal menarik yang dapat kita tarik dari film ini adalah “Apakah posisi tokoh ini bagi kita. Apakah ia seorang pahlawan (hero) atau malah penjahat (villain)?”
Lewat film ini, pertanyaan itu akan semakin mengambang dan tinggal kita mau berada di posisi yang mana pada saat melihat tindakan mereka.

1 comment:

Anonymous said...

Merkur 34C Black-Tint Gaming Black-Tint Gaming Slot
The ทางเข้า m88 Merkur 34C is an elegant and aggressive gaming 샌즈카지노 safety razor, 메리트카지노 and there is no need to worry about safety razor weight.